IBX59EBBEBF99E27 Mengenal Berbagai Mie Khas Jepang, Mulai dari Ramen hingga Udon - DX Talk - DX Talk

Mengenal Berbagai Mie Khas Jepang, Mulai dari Ramen hingga Udon

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan ramen, bukan? Tahukah Anda kalau ternyata mie khas Jepang bukan hanya ramen saja? Ada sedikitnya enam jenis mie yang berbeda, baik dari bentuk, tekstur, bahan dasar hingga cara penyajiannya. Jika tiket pesawat dan asuransi perjalanan Anda sudah siap, yuk cicipi berbagai mi ini langsung di tempat asalnya.

  1. Ramen

Jenis mie yang satu ini merupakan mie yang paling populer di antara jenis-jenis mie lainnya. Terbuat dari campuran tepung terigu protein tinggi dan air, ramen memiliki tekstur yang kenyal dan bentuk lurus. Mie ramen dapat disajikan dengan kuah kaldu khas Jepang seperti miso, tonkotsu ataupun shoyu.

Tiap daerah memiliki cara penyajian ramen yang berbeda-beda. Perbedaan itu biasanya terletak pada ketebalan mie, jenis kuah dan bahan-bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam ramen tersebut. Contohnya yokohama ramen, hakata ramen, dan lainnya.

  1. Soba

Jenis mie ini adalah salah satu yang sangat digemari masyarakat Jepang selain ramen. Soba terbuat dari gandum hitam, yang membuatnya memiliki tekstur yang kenyal, berukuran besar dan berwarna kehitaman.

Soba bisa disajikan dingin maupun panas. Jika ingin panas, soba akan dicampurkan dengan kuah kaldu. Sedangkan jika ingin dingin maka akan disajikan terpisah dari saus celupnya. Soba dingin sangat populer ketika musim panas.

  1. Udon

Udon memiliki ukuran yang paling besar di antara jenis mie jepang lainnya, dengan diameter sekitar 4 sampai 6 mm. Dengan ukurannya yang besar, mie ini akan terasa lebih mengenyangkan. Terbuat dari tepung gandum dan air, mie ini bertekstur chewy dan lembut.

Penyajian udon dapat dilakukan dingin maupun panas, tergantung pada preferensi tiap orang dan musim yang ada. Udon biasa disajikan dengan berbagai topping seperti tempura, fish cake, sayuran atau bahkan daun bawang. Tambahan topping ini tergantung daerah dan orang yang ingin memakannya.

  1. Shirataki

Shirataki terbuat dari umbi konyaku yang biasa dibuat untuk agar-agar. Sehingga shirataki memiliki tekstur yang kenyal seperti soun. Shirataki sendiri sering digunakan untuk campuran dalam sukiyaki atau disajikan digoreng. Shirataki populer sebagai salah satu makanan sehat karena rendah karbohidrat dan gluten free.

  1. Somen

Somen adalah mi berbahan dasar tepung terigu dengan bentuk yang sangat tipis, hanya sekitar 1 mm saja. Namun somen bertekstur lembut dan kenyal ketika dimakan. Somen mirip dengan hiyamugi dan udon, namun dengan ukuran yang lebih tipis.

Somen merupakan makanan yang cocok untuk disantap ketika musim panas, karena somen biasa disajikan dingin. Orang Jepang biasanya menyajikan somen memakai taburan es dengan tambahan topping atau dicelupkan pada saus tsuyu. Pada beberapa tempat, somen disajikan dengan cara nagashi somen, yaitu di atas bambu dengan kuah dingin dan menggunakan sumpit.

  1. Hiyamugi

Hiyamugi adalah campuran dari mi jenis somen dan udon, sehingga memiliki tekstur yang lembut dengan ukuran yang agak tipis. Penyajian hiyamugi mirip dengan somen dan udon, yaitu dapat disajikan dengan kuah kaldu ataupun dicelupkan pada saus celup.

Tertarik mencicipi rasa otentik dari tiap mie tersebut? Anda bisa mulai berburu tiket pesawat murah agar bisa berjalan-jalan ke negara asalnya, yaitu Jepang. Jangan lupa siapkan visa dan asuransi perjalanan. Apabila Anda memiliki asuransi perjalanan, Anda akan lebih tenang karena tidak perlu dipusingkan dengan pengeluaran tak terduga yang bisa memberatkan Anda.

Mengenal Berbagai Mie Khas Jepang, Mulai dari Ramen hingga Udon | Yazidku | 4.5